Friday 30 September 2016

Karateka Aceh Sumbang untuk Jawa Barat

SUMBANG EMAS: Atlet asal Aceh yang memperkuat Jawa Barat di PON XIX 2016, Asmaul Husna (kiri) menyumbang satu medali emas cabor Karate untuk tuan rumah Jawa Barat, Senin (19/9).
ARIFUL USMAN/RAKYAT ACEH

BANDUNG (RA)- Karateka putri kelahiran Aceh yang memperkuat Jawa Barat, Asmaul Husna meraih emas di nomor kumite kelas +68 kg. Asmaul Husna tampil meyakinkan dalam PON XIX Jabar 2016 di cabang olahraga karate yang berlangsung di Sasana Budaya Ganesha ITB, Bandung, Jawa Barat, Senin (19/9).

Asmaul Husna menjadi salah satu atlet unggulan Jawa Barat di PON. Pasalnya, atlet binaan PPLP Aceh ini juga meraih emas saat PON Riau 2012. Postur 173 cm membuat Husna tampil leluasa di tiap pertandingan.

Pada pertandingan pertama, Husna mengalahkan Roza, atlet Sulawesi Tengah dengan poin cukup telak 9-0. Selanjutnya, Husna juga berhasil menundukkan atlet Sumatra Selatan 4-0. Pembuktian Husna sebagai salah satu atlet terbaik terjadi pada babak final.

Berhadapan dengan atlet DKI Jakarta, Ade Ningsih, ketangguhan Husna dicoba. Dalam pertarungan yang cukup sengit itu, Husna akhirnya keluar sebagai yang terbaik dan mendapat medali emas dengan mencatatkan poin kemenangan tipis 3-2.

“Saya sangat bangga dengan diri saya sendiri, dan Alhamdulillah saya bisa memberi yang terbaik untuk Jawa Barat hari ini, karena Jawa Barat sangat maksimal memperhatikan atletnya,” kata Husna pada Rakyat Aceh.

Husna menyebut, selama persiapan di Jawa Barat, dirinya berlatih maksimal dan banyak ilmu dan strategi-strategi baru yang didapat dari pelatih. “Di sini pelatih-pelatih banyak yang didatangkan dari luar, dan kita berlatih serius. Aku pun saat tanding tadi ngejalanin aja instruksi-istruksi dari pelatih,” ujarnya.

Aceh Sisakan Dua Atlet

Sementara kontingen Aceh, di cabang olahraga karate hanya menyisakan dua atlet; Mona Ramozana -under 55 kg dan Faraninta Marsella under 61 kg. Keduanya baru akan bertanding hari ini di Sasana Budaya Ganesha ITB, Bandung, Jawa Barat.

Aceh di cabang olahraga karate menurunkan delapan Atlet. Diantaranya bertanding di kelas beregu kata dan kumite kelas +84 kg, -84 kg, -67 kg, -61 kg dan -55 kg. Hingga kemarin, tuan rumah Jawa Barat menjadi pemuncak klasemen medali dengan torehan 55 emas. Sementara Aceh baru meraih satu perunggu dan menempati peringkat 27. (rif)

Sumber: Rakyat Aceh

No comments:

Post a Comment

Subscribe

Total Visitor Blog

Flickr