Thursday 29 October 2015

Wisata Waduk Keuliling Indrapuri

Provinsi Aceh yang terletak di ujung pulau Sumatera seolah memiliki kekayaan pariwisata yang tak ada habisnya, mulai dari wisata gunung yang indah, hingaa pesona alam lautnya yang begitu eksotis.

Diantara sekian banyak lainnya, salah satu yang paling menakjubkan adalah Waduk Keuliling Indrapuri, Waduk Keuliling terletak di kecamatan Indrapuri atau sekarang Kecamatan Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Jaraknya berada pada kisaran 35 km dari pusat kota Banda Aceh ke arah Medan.
Untuk menuju ke waduk ini anda cukup mempersiapkan bekal biaya yang dipungut sebesar Rp. 3000/orang dan Rp.5000/dua orang oleh warga sekitar. Sebelum sampai ke gapura waduk indah yang menanti sentuhan dari pemerintah tersebut anda akan melewati jalan aspal sekitar 15 menit dengan dinding-dinding pepohonan hijau yang begitu menyejukkan.
Namun hati-hati, ada tikungan-tikungan tajam yang berbahaya jika anda terlalu menghayal ketika mengendarai sepeda motor, satu dua bukit dilewati anda akan menyaksikan keindahan hamparan sawah hingga ke kaki gunung. Serta para petani yang sedang menggiling padi jika anda datang di musim panen.
Setelah sampai di gapura, anda akan masuk dan menyaksikan sendiri sambutan dari waduk yang seolah sedang menunggu kedatangan anda. Pemandangan indah dari waduk dengan sisipan pinggiran batu-batu alam yang tertata rapi yang sangat luas dan dikelilingi oleh gugus pengunungan barisan wilayah Aceh Besar, membuat suasana liburan akhir pekan semakin syahdu.
Di tengah waduk ini terdapat pula dua pulau kecil yang hijau dan sangat asri, semakin membuat liburan tidak akan pernah terlupakan, tetapi sedikit disayangkan walaupun disana sudah terdapat fasilitas penunjanag pariwisata seperti Mushalla, kamar mandi umum, dan beberapa tempat berteduh untuk menikmati alam, masih begitu minimnya kepedulian dari Pemerintah Daerah atau pengelola waduk, bisa dikatakan hampir semua fasilitas tersebut masih jauh dari perhatian dan perawatan.
Alangkah indahnya bila pengelola waduk terus berbenah untuk memperbaiki fasilitas dan mempromosikan wisata ini sehingga diketahui oleh khalayak dan diminati oleh wisatawan-wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Sangat disarankan, bila kamu ingin datang kemari, bawa lah keluarga dan kerabat, dan ajak berkeliling waduk bersamaan dengan membawa makanan-makanan akhir pekan, cari satu tempat untuk berteduh, nikmati alamnya dan santap makanannya, dijamin anda bakal puas dan nyenyak dalam bertistirahat dibawah pohon yang rindang dan waduk yang mempesona.

Twitter: @ariful76 
Instagram: @ariful76 
Facebook: arfa ben usman



Tulisan sudah pernah dimuat oleh wisataaceh.com

No comments:

Post a Comment

Subscribe

Total Visitor Blog

Flickr