Wednesday 18 May 2016

Mental Pemenang: PSPS Pekanbaru 1-2 Persiraja Banda Aceh

Pemain Persiraja Banda Aceh merayakan gol ke gawang PSPS Pekanbaru. Foto: ARIFUL AZMI USMAN

PEKANBARU – Persiraja Banda Aceh, sukses meraih kemenangan di laga tandang dalam laga lanjutan Indonesia Soccer Chmpionship (ISC) B. Bermain di kandang PSPS Pekanbaru, Riau. Tuan rumah yang sempat unggul 1-0 di babak pertama, harus mengakui keunggulan Persiraja 1-2 di paruh kedua.

Bermodal kemenangan beruntun di laga kandang atas PSMS Medan (3-0) dan PS Bangka (3-0). Fahrizal Dillah dkk datang dengan target meraih poin di kandang PSPS Pekanbaru, pembuktian Laskar Rencong sebagai tim solid, berhasil mempermalukan tuan rumah.

Bermain di stadion Kaharuddin Nasution, Riau, kedua tim menurunkan skuat terbaiknya, pelatih Akhyar Ilyas tidak begitu merombak timnya dalam laga ini. Lini tengah diisi oleh Mukhlis Nakata, Luthfi Fauzi dan Fani Aulia.

Sementara di posisi bertahan, masih menjadi milik kapten Kurniawan, Ahmad Yani, Ikhwani dan Agus. Sementara di lini depan, dalam formasi 4-2-3-1, Fahrizal Dillah menjadi ujung tombak dibantu Fani Aulia dan Fadhil Ibrahim.

Di kubu tuan rumah, PSPS Pekanbaru masih mengandalkan pemain seperti penjaga gawang Parningotan, lini bawah kapten Ponda, Randi, Arif Budi dan Muhammad Mukhlis.

Sementara di posisi tengah juga masih terlihat nama Aga Mahardika, Doli Gultom, Firman dan Ifrawadi. Lini depan diisi Dedi Junaidi dan Renggur.

Persiraja yang bermain dengan seragam orange, langsung mengambil bola kick off. Klub berjuluk Lantak Laju ini lebih dulu menyisir sisi kiri lewat Fani Aulia. Namun gagal menembus pertahanan PSPS yang dikawal Ponda dkk.

Sejak menit awal, kedua tim yang menurunkan skuat terbaiknya, langsung saling serang. Namun tidak lama berselang, Askar Bertuah yang bermain di kandang sendiri langsung membuka peluang, memanfaatkan kesalahan komunikasi pemain tengah dan barisan bawah Persiraja, Ifrawadi pada menit ke 6 langsung melesatkan bola ke gawang Persiraja yang dikawal Aulia Sadam.

Unggul 1-0 membuat tuan rumah sedikit tenang dan menurunkan tempo. Namun, Laskar Rencong yang tertinggal satu angka, membuat Mukhlis Nakata harus bekerja ekstra. Sejumlah serangan dibangun untuk mengubah kedudukan, salah satu peluang terbaik diraih Fahrizal Dillah pada menit ke 30. Peluang tersebut gagal dilesakkan ke jala, karena tendangan yang masih melebar.

Beberapa serangan yang dibangun dari kedua sisi Persiraja gagal membuahkan hasil. Hingga peluit turun minum dibunyikan, kedudukan bertahan 1-0 untuk kemenangan tuan rumah.



Babak kedua

Dimulai babak kedua, Persiraja sempat mengurung pertahanan PSPS, aksi trio lini tengah Persiraja, Muklis Nakata, Faumi dan Luthfi, membuat tim lawan dibalik bekerja ekstra. Perpaduan umpan pendek dan panjang dipertontonkan Laskar Rencong.

Pada babak kedua ini, pelatih Akhyar Ilyas menarik kapten Kurniawan dan memasukkan pemain T. Helza. Kurniawan dalam laga ini dalam kondisi fisik yang kurang fit.

Sebagai pemuncak klasemen, Persiraja menunjukkan mentalitasnya. Sejumlah serangan yang dibangun oleh Faumi dkk, mampu merepotkan pertahanan Askar Bertuah, julukan PSPS.

Terbukti, 15 menit laga berjalan, Faumi berhasil mengirim umpan pada Fahrizal Dillah yang dikawal ketat barisan pemain PSPS Pekanbaru. Namun, Fahrizal yang terlihat lebih percaya diri, mampu keluar dari kerumunan dan menggetarkan gawang PSPS Pekanbaru. Kedudukan menjadi 1-1.

Berhasil menyamakan kedudukan, membuat anak-anak Laskar Rencong semakin bersemangat. Pemain Persiraja semakin gencar melakukan serangan, hingga Fahrizal Dillah dilanggar beberapa kali.

Salah satu pelanggaran di sisi kanan lapangan kepada Dillah, menjadi petaka bagi tuan rumah. Ikhwani yang mengambil tendangan bebas, berhasil mengirim umpan ke kotak penalti, Fadil yang melompat lebih tinggi, menceploskan bola ke gawang yang dikawal Parningotan. Kedudukan berubah menjadi 1-2 pada menit ke 72 untuk keunggulan Persiraja.

Sejumlah serangan di babak kedua lainnya yang dibangun tuan rumah, tidak mampu menembus gawang Persiraja. Bahkan, pada laga ini, usai unggul 1-2, Persiraja memasukkan pemain-pemain menyerang, seperti Septi Heriansyah (Fani Aulia -61) dan Rizky Yusuf (Fahrizal Dillah -86).

Hingga tambahan waktu 5 menit, dan wasit meniup peluit panjang, skor bertahan 1-2 untuk Persiraja. Kemenangan tersebut, sekaligus mengokohkan Persiraja di puncak klasemen dengan 9 poin dari tiga laga tak terkalahkan.

Pelatih Akhyar Ilyas usai laga kepada wartawan dalam konferensi pers mengatakan syukur atas kemenangan tandang ini. “Kita sudah menargetkan poin dari PSPS, dan alhamdulillah anak-anak yang bermain bagus, membuat kita bisa meraih kemenangan,” ungkapnya.

Sementara pelatih PSPS, Philep Hansen Maramis memberi selamat kepada Persiraja yang menurutnya pantas menang. “Selamat kepada Persiraja yang unggul dalam permainan dan pengalaman, kita akan segera melakukan evaluasi untuk laga berikutnya,” ujarnya. []

No comments:

Post a Comment

Subscribe

Total Visitor Blog

Flickr