Saturday 21 November 2015

5 Media Kampus Paling Eksis di Aceh

Kebutuhan masyarakat akan informasi memang tak terbantahkan, di zaman ini, media online kian mendominasi. Tak terkecuali di dunia kampus, mahasiswa juga sangat gencar dalam mengakses informasi. Tentunya, website yang akan dikunjungi juga adalah yang tertentu saja.

Bagaimana tidak, banyaknya media yang tumbuh dan berkembang, namun hanya sebagian yang mampu menyajikan berita aktual, dan enak dibaca. Jika tidak percaya, silahkan kunjungi.

Kebutuhan akan media selain fungsinya sebagai penyaji informasi juga sebagai edukasi bagi pembaca, disamping juga kontrol sosial dan hiburan. Tak bisa dihindari juga, maju mundurnya sebuah kampus juga dipengaruhi oleh media kampus yang eksis memberitakannya.

Dibawah penulis hanya melirik lima media online saja yang memang eksis di dunia maya, barangkali media kampus lain di Aceh yang dikelola oleh mahasiswa ada, semoga bisa disarankan. Karena sejauh penelusuran, hanya inilah media yang penulis dapat, dan aktif mengupdate informasi seputar kampus.

Supaya enak dilihat, penulis ikut menyertakan peringkat media tersebut versi alexa.com. Suarakomunikasi.com menjadi media terbaik jika dilihat dari peringkat web dunia. Peringkat tersebut bisa berganti kapan saja jika website jarang diisi konten. Semoga bermanfaat. Minggu (22/11/2015).

1.      Suarakomunikasi.com (Peringkat Dunia: 967,891)
 Suarakomunikasi.com merupakan portal berita kampus yang didirikan dengan mengkolaborasikan tulisan, foto dan video. Didirikan  oleh sejumlah mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unsyiah,Suarakomunikasi.com mulai menyapa pembaca sejak 5 Maret 2013.
Konten berita suarakomunikasi.com ditulis secara singkat, padat dan berimbang. Selain itu,suarakomunikasi.com juga membuka ruang menulis bagi seluruh mahasiswa yang ada di Aceh khususnya dan Indonesia umumnya dengan menghadirkan rubrik atau kanal Mahasiswa Menulis.
Tak hanya itu, suarakomunikasi.com juga menampung semua bentuk tulisan seperti opini, feature, cerpen, puisi, dan pelbagai tulisan lainnya dari mahasiswa maupun kalangan umum.
2.        Detak-Unsyiah.com (Peringkat Dunia: 1.217.110)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berkonsentrasi pada bidang penerbitan dan pers kampus. Pers DETaK Unsyiah berdiri sejak 15 Agustus 1995 dan merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Syiah Kuala.
DETaK mempunyai dua jenis media, yaitu Tabloid DETaK dan Portal Berita Online www.detak-unsyiah.com
3.       Sumberpost.com (Peringkat Dunia: 6.203.892)

Media Sumberpost didirikan oleh sembilan mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan diresmikan pada tanggal 21 Maret 2006 oleh Rektor IAIN Ar-Raniry.

Setelah menerbitkan belasan majalah pada tahun-tahun awal berdiri, kini sumberpost mulai merambah dunia cyber yang bisa diakses di www.sumberpost.com

Media online ini mulai beroperasi pada 2 Desember 2012. Dengan taqline Independen dan Jujur, diharapkan media kampus ini bisa terus menjalankan tugas jurnalistiknya sesuai dengan kode etik yang berlaku.



4.       Industrialtimes.net (Peringkat Dunia: 6.954.278)

 INDUSTRIALTIMES.NET merupakan situs berita online yang secara resmi berdiri pada 1 Januari 2013, di bawah manajemen Unit Kegiatan Mahasiswa Teknik Industri  dan mengangkat tagline “Ringan dan Cerdas”.
Kami mencoba memberikan akses informasi secara mudah, cepat, akurat, dan berkualitas kepada masyarakat luas. Berita yang dikemas dalam portal berita ini lebih mengarah kepada informasi yang dibutuhkan mahasiswa dan masyarakat kota.


5.       Persfe.com (Peringkat Dunia: 7.508.943)

L    Lembaga Pers Mahasiswa Perspektif (LPM Perspektif) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Fakultas Ekonomi Unsyiah. LPM Perspektif secara struktural berada dibawah naungan institusi Fakultas Ekonomi Unsyiah. 

     Namun dalam pelaksanaan kegiatannya bersifat independen. LPM Perspektif merupakan wadah para mahasiswa menuangkan ide dan hasil olah pikirnya, berupaya untuk menyajikan informasi yang bermutu, baik yang berhubungan dengan dunia kemahasiswaan secara umum maupun informasi khusus di bidang ekonomi. 

No comments:

Post a Comment

Subscribe

Total Visitor Blog

Flickr