Thursday 9 July 2015

M. Jul Ilmi, Ingin Harumkan Aceh di Mata Dunia



M Jul Ilmi | Foto: Rakyat Aceh/ARIFUL AZMI USMAN
M Jul Ilmi | Foto: Rakyat Aceh/ARIFUL AZMI USMAN


BANDA ACEH-Pelatih Angkat Besi Persatuan Angkat Besi, Binaraga, Angkat Berat Seluruh Indonesia PB (PABBSI) Aceh, Sori Enda Nasution bersama Pelatih Nasional Tarso dan dibantu oleh mantan Pelatih Olimpiade 2008, Effendi Eria, terus menggembleng sembilan atlet angkat besi Aceh asuhannya untuk menghadapi Pra PON XIX.

Salah satu atlet muda Aceh yang menurut pelatih tersebut potensial saat ini adalah M. Jul Ilmi, pria kelahiran Aceh Besar 10 Oktober 1996 dan baru saja menyelesaikan pendidikan SMA nya. Saat wartawan koran ini menyambangi tempat latihan atlet angkat besi yang berada di belakang GOR KONI Aceh, M. Jul Ilmi tampak begitu semangat berlatih dengan atlet lainnya dibawah asuhan pelatih Sori Enda.

M. Jul Ilmi adalah atlet muda Aceh juara satu PORA di Aceh Timur tahun 2014 lalu dengan perolehan dua medali emas, masing-masing di Angkat Besi dan Angkat Berat. Serta peringkat empat saat Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Yogjakarta.

Saat ditemui usai latihan sore kemarin, (7/7) di GOR KONI, Jul Ilmi berbagi pengalamannya tentang bidang olahraga yang saat ini sedang digelutinya. Dirinya mengaku, apa yang dia lakukan saat ini adalah hobinya. Ia mengatakan mulai berlatih olahraga ini pada tahun 2012. 

Alumni SMA 1 Darul Imarah tersebut ternyata memiliki cita-cita yang tinggi. "Saya melihat senior yang bisa kemana saja dengan olahraga angkat besi ini, saya ingin harumkan nama Aceh dan Indonesia di dunia inernasional dengan apa yang saya bisa lakukan ini," katanya dengan penuh keyakinan.

"Hal lain yang membuat saya semangat latihan adalah ketika mampu memecahkan rekor di tempat latihan, semakin banyak pecah rekor, semakin membuat saya semangat untuk latihan," jelas Ilmi.

Di bawah sentuhan Sori Enda Nasution, Lifter kelas 85 kg ini, kini semakin dekat dengan mimpinya tersebut. Kini dia memiliki catatan total angkatan 284 kg, dengan rincian Snatch 122 kg, serta clean and jerk 162 kg.

Mengenai latihan yang saat ini dilakoninya sehari dua kali selama puasa, sore dan malam tidak membuat M. Jul Ilmi putus asa. Meski latihan berat setiap hari, diakuinya dirinya tetap berpuasa seperti biasa. "Saya berharap ada pemberian vitamin dari KONI, karena kalau dari cabang sendiri juga belum ada," ujarnya. 

Berbicara target, M Jul Ilmi saat ini masih menargetkan lolos ke Pra PON, dikatakannya lagi, jika sudah di PON nanti dirinya akan menargetkan emas.

Sementara itu, Sori Enda optimis dengan pencapaian Jul Ilmi untuk meraih emas di PON XIX/2016. Dikatakannya apa yang dicapai oleh Jul Ilmi adalah prestasi yang bagus dan menggembirakan bagi Aceh. "Atlet muda yang satu ini memiliki potensi dan perkembangan yang sangat bagus, Insha Allah saya berani menargetkan anak ini meraih emas," jelas Sori Enda.


Tulisan ini sudah pernah dimuat di koran Harian Rakyat Aceh, 9 Juli 2015 

No comments:

Post a Comment

Subscribe

Total Visitor Blog

Flickr